Selasa, 10 November 2009

Sumpah Serapah Sang Jenderal !



Komjen Susno Duadji sedang ngetop. Alhasil, semua gerak gerik, mimik wajah, dan perkataannya selalu diperhatikan khalayak secara jeli. Salah satu yang jeli itu politisi PKB Effendi Choirie.

Kejelian Gus Choi, panggilan akrab anggota DPR ini, adalah terkait sumpah yang diucapkan Susnosaat raker dengan Komisi III DPR pekan lalu. Kala itu Susno sembari mengangkat tangannya berkata, “Sebagai seorang muslim, lillahi taallah saya tidak pernah mendapatkan Rp 10 miliar.”

Di mata Gus Choi, sumpah itu terasa ganjil. “Mana ada sumpah dengan lillahi ta’alla,” kata Gus Choi kepada wartawan di Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Lillahi ta’alla artinya karena Allah Yang Maha Tinggi. Dalam raker, Susno yang mungkin bermaksud menyebut lillahi ta’alla, selip lidah sehingga menyebut lillahi taallah, kalimat yang tak lazim.

“Sumpah itu ya dengan huruf qosam (sumpah). Bisa dengan Wallahi, Tallahi atau Billahi. Atau dalam bahasa Indonesianya, Demi Allah. Kalau lillahi ta’alla itu konteksnya ikhlas,” ujar Gus Choi.

Lulusan Pondok Pesantren Langitan ini lalu mencontohkan konteks yang ada dalam pengunaan kata lillahi ta’alla yang lebih tepat jika dikaitkan dengan amalan sedekah atau memberi bantuan kepada orang lain.

“Kalau kata lillahi ta’alla itu pasnya untuk menegaskan keikhlasan kita dalam membantu saudara-saudara kita. Contoh, saya ikhlas lillahi ta’alla untuk bantu. Jadi bukan untuk sumpah,” papar Gus Choi.

Gus Choi mempertanyakan banyaknya anggota DPR dari partai Islam termasuk PKS yang mendiamkan saja sumpah Susno yang salah sasaran tersebut. Padahal keberanian Susno bersumpah disebabkan oleh pertanyaan anggota Komisi III dari PKS yang menantang Susno berani bersumpah jika memang tidak menerima aliran dana Century.

“Jadi aneh. Tidak ada satu pun mereka dari anggota Komisi III yang paham soal ini, padahal ada partai Islam juga di dalammnya,” protes doktor lulusan Universitas Malaysia ini.

“Masa 50 orang lebih anggota Komisi III tidak ada satu pun yang sadar bahwa baik kapolri maupun Susno tidak bersumpah atas nama Allah. Kapolri hanya mengatakan sumpah dunia akhirat jajaran kepolisian mempertanggungjawabkan hal ini,” ujarnya. Video sumpah sang jendral ada di atas .

Momen Obral Laptop di Rusia Yang Berakhir Mengerikan ( Video ! )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post