Selasa, 27 September 2011

"Lion" Masih Jadi "King"

 

Empat film baru, dua diantaranya mendapat pemasukan lebih dari 20 juta dolar AS, ternyata belum menggoyah kedudukan film The Lion King (3D), untuk tetap sebagai pemuncak box office di Minggu keduanya.

Film Moneyball dan Dolphin Tale yang nyaris sama-sama berada di tempat kedua, diprediksi menjadi ancaman tersendiri bagi The Lion King (3D). Sementara film yang justru diprediksi akan banyak mengeruk pemasukan, yaitu film anyar Abduction dan Killer Elite sama jeblok pemasukannya.

Namun, secara kesuluruhan sebagaimana diwartakan Boxofficemojo, Senin (26/9) pemasukan sepuluh besar Minggu ini, tidak mengecewakan.

Yang pasti, The Lion King meski mengalami penurunan pendapatan hingga 27 persen dari Minggu lalu, atau hanya mendapatkan 22,1 juta dolar AS, tapi secara total setelah diputar selama 10 hari, berhasil mengumpulkan 61,7 juta dolar AS. Jika diakumulasikan dengan raihan pendapatan film Lion King terdahulu, maka film ini berhasil menghimpun 390,2 juta dolar AS.

Sedangkan film Moneyball dengan pemasukan sebesar 20,6 juta dolar AS, setelah diputar di 2.993 lokasi, berhasil menempatkannya berada di posisi kedua. Film yang dibintangi aktor sohor Brad Pitt itu, diperkirakan masih menambah pundi-pundi pemasukannya di hari-hari ke depan.

Dunia baseball
Keberhasilan Moneyball memang tidak mengagetkan, mengingat film ini juga telah mencatatkan kesuksesan ketika diputar di ajang Toronto International Film Festival beberapa Minggu sebelumnya. Meski penonton film ini rata-rata adalah penonton paruh baya. Hal itu menjadi maklum, Moneyball bernarasi tentang dunia baseball yang sudah sangat membudaya di AS, dan biasanya adalah penonton paruh baya yang menggandeng anak dan cucunya.

Dolphin Tale sendiri sebenarnya mendapat pemasukan yang berbeda sebenang dengan Moneyball, atau sebesar 20,26 juta dolar AS, dan mendudukkannya pada peringkat ketiga. Dan diprediksi kemungkinan besar akan menyodok Moneyball.

Kelarisan Dolphin Tale sebenarnya cukup mengagetkan, mengingat film ini sebagai yang sama-sama menyasar penonton keluarga, The Lion King tercatat masih berhasil menyedot perhatian teratas. Meski Dolphin Tale dinilai sebagai film keluarga yang sangat menginspirasi penontonnya.

Sedangkan pada posisi kelima adalah film yang dibintangi Taylor Lautner, yang sohor setelah berakting di film Twilight. Pada peran terkininya bintang muda itu berlakon di film bergenre drama aksi berjudul Abduction. Yang diprediksi berhasil mendapatkan 11,2 juta dolar AS, setelah diputar di 3.118 lokasi. Dengan prosentasi penonton sebesar 68 persennya adalah kaum hawa, dan 56 persennya berusia di bawah 25 tahun. Film ini mendapatkan penilaiam "B-" dari CinemaScore.

Menyusul di belakangnya adalah film Killer Elite, yang mendapatkan pembagian rejeki sebesar 9,5 juta dolar AS. Sekaligus mencatatkan dirinya sebagai film dengan raihan pemasukan terkecil pada rilis Minggu perdananya, dari sejumlah film yang dibintangi aktor laga Jason Statham. Bandingkan dengan film Statham lainnya seperti The Mechanic (11,4 juta dolar AS), Transporter 3 (12,1 juta dolar AS) dan Death Race (12,6 juta dolar AS).

Killer Elite yang memasang original song milik supergrup Scorpions dengan single "Rock You Like a Hurricane," yang sohor pada tahun 80-an sebagai latar musiknya itu, juga dibintangi Clive Owen dan Robert DeNiro. Sehingga dinilai sebagai versi lain film The Expendables, yang memasang berpulung aktor laga sekaligus.

Yang menyedihkan adalah pendapatan Contagion, yang anjlok hingga 41 persen, atau 8,6 juta dolar AS, setalah diputar selama 17 hari, dengan total pemasukan sebesar 57,1 juta dolar AS. Secara berurut penghuni 10 Besar Minggu ini adalah The Lion King (3D), Moneyball, Dolphin Tale, Abduction, Killer Elite, Contagion, Drive, The Help, Straw Dogs dan I Don't Know How She Does It.
[CyberNews]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post